PEMANFAATAN TUGU BENTENG KUTA REH SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS (SEJARAH) DI SMP KECAMATAN BADAR KABUPATEN ACEH TENGGARA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan Tugu Benteng Kuta Reh sebagai sumber belajar IPS (sejarah) di SMP Negeri Kecamatan Badar Kabupaten Aceh Tenggara. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian Deskriptif Kualitatif. Dengan mengunakan metode penelitian lapangan (field Research) dan Penelitian kepustakaan (library research). Dan mengunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan angket. Wawancara di lakukan kepada guru-guru IPS (sejarah) dan pemuka adat. Observasi dilakukan di SMP Negeri Kecamatan Badar seperti SMP Negeri 1 Badar, SMP Negeri 2 Badar, SMP Negeri Perisai dan Tugu Benteng Kuta Reh Kabupaten Aceh Tenggara. Angket dilakukan kepada siswa kelas IX-A yang memanfaatkan Tugu Benteng Kuta Reh sebagai sumber belajar IPS (sejarah). Dari hasil penelitian yang dilakukan maka hasilnya adalah pemanfaatan Tugu Benteng Kuta Reh sebagai sumber belajar IPS (sejarah) sangatlah bermanfaat dalam meningkatkan kesadaran sejarah siswa SMP Negeri Kecamatan Badar kabupaten Aceh Tenggara terhadap sejarah lokal yang ada di sekitar mereka yang di manfaatkan sebagai sumber belajar IPS (sejarah) dan upaya peserta didik untuk melestarikan serta memelihara situs sejarah tersebut dan tidak terlepas juga bagi para guru IPS (sejarah) dan masyarakat. Dengan melalui Tugu Benteng Kuta Reh menjadi sumber belajar IPS (sejarah) untuk meningkatkan kesadaran sejarah siswa terhadap sejarah lokal, maka siswa akan mengetahui perjuangan masyarakat Alas melawan kolonial Belanda. Disinilah manfaat Tugu Benteng Kuta Reh yang memberikan informasi bagaimana sejarah Benteng Kuta Reh dan berupaya melestarikannya dengan cara merawat dan melindunginya