Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan di Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Bangun Purba. Dalam penelitian ini populasi penelitian adalah seluruh kelas XI MIA yang terdiri dari dua kelas. Sampel penelitian diambil secara total dari populasi dan dibagi menjadi dua yakni kelas eksperimen dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan kelas kontrol dengan Pembelajaran Langsung yang masing-masing terdiri dari 30 siswa. Penelitian ini menggunakan instrument berupa test pilihan berganda yang telah divalidasi sebanyak 20 soal dengan lima option dan telah reliabel. Instrumen tes yang digunakan memiliki nilai reliabilitas 0,79. Karena rhitung > rtabel yaitu 0,79 > 0,36 maka instrumen tersebut reliabel. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji anava. Hasil penelitian diperoleh, untuk kelas eksperimen nilai rata-rata pretest sebesar 31,33±4,85 dan nilai rata-rata posttest adalah 84,33±8,62 sedangkan nilai rata-rata untuk kelas kontrol pretest sebesar 35,50±6,34 dan nilai rata-rata posttest 78,50±6,45. Hasil uji anava diperoleh Fhitung = 12,62 dan Ftabel = 4,01, pada taraf nyata 0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan.