Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melaui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada materi biosfer di kelas XI IPS SMA Swasta Methodist Berastagi tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus pada tahun 2016. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik komunikasi langsung menggunakan lembar observasi sebagai alat mengevaluasi aktivitas belajar siswa dan teknik komunikasi tidak langsung menggunakan lembar kerja siswa dan pilihan berganda sebagai alat mengevaluasi hasil belajar siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa sebanyak 40,64% dari siklus I sebesar 43,74% menjadi 84,38% pada siklus II. (2). Model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar sebanyak 21,9% dari siklus I sebesar 65,6% menjadi 87,5% pada siklus II. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Artinya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investiigation (GI) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa