PENGARUH KOMPETENSI SOSIAL DAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 6 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) apakah ada pengaruh kompetensi sosial guru terhadap prestasi belajar ekonomi, 2) apakah ada pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap prestasi belajar ekonomi, 3) apakah ada pengaruh kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 6 Medan T.P 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 6 Medan T.P 2015/2016 Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 6 Medan, Jalan Ansari No.34 Medan, dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI yang berjumlah 83 orang yang terdiri dari 2 kelas. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Total Sampling. Teknik analisis data dilakukan dengan program SPSS versi 20 diperoleh persamaan garis linear Y = 42,755 + 0,129 + 0,533 Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) terdapat tidak ada pengaruh dan tidak signifikan antara kompetensi sosial terhadap prestasi belajar ekonomi, dibuktikan dengan nilai thitung (1,214) < ttabel (1,663). 2) terdapat pengaruh dan signifikan antara kompetensi kepribadian guru terhadap prestasi belajar ekonomi, dibuktikan dengan nilai thitung (5,321) > ttabel (1,663). 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi, dibuktikan dengan nilai Fhitung (19,948) > Ftabel (0,05). Besarnya sumbangan dan kontribusi antara variabel bebas terhadap variabel terikat yang diperoleh melalui perhitungan koefisien determinasi yaitu sebesar yaitu sebesar 0,55 yang artinya sebesar 55% prestasi belajar siswa (Y) dipengaruhi oleh kompetensi sosial guru (X1) dan kompetensi kepribadian guru (X2). Kesimpulan dari penelitian ini adalah variabel kompetensi sosial (X1) tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi dan variabel kompetensi kepribadian guru (X2) berpengaruh dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 6 Medan T.P 2015/2016.