Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh model group investigation dan karakter siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa Kelas X SMA N 1 Sttu Julu Kab. Pakpak Bharat T.P 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMA N 1 Sttu Julu Kab. Pakpak Bharat T.P 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA N 1 Sttu Julu Kab. Pakpak Bharat.yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 44 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 22 orang dan X-2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Total Sampling. Instrument atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk Multiple Choice sebanyak 20 soal dan angket sebanyak 22 pernyataan yang terlebih dahulu telah diuji validitas, realibilitas, tingkat kesukaran tes, dan uji daya beda tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan Anova dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. Pertama bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan pembelajaran group investigation lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional yang ditunjjukkan dari hasil hipotesis dimana nilai Fhitung = 5,72 > Ftabel = 2,28 dengan nilai signifikan α=0,05. Kedua, hasil belajar siswa yang memiliki karakter siswa baik lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang memiliki karakter siswa kurang baik atau terdapat pengaruh karakter siswa terhadap hasil belajar siswa yang diperoleh dari dari hipotesis kedua Fhitung = 1239,669 > Ftabel = 2,28 dengan nilai signifikan α = 0,05. Ketiga, terdapat pengaruh model pembelajaran group investigation dan karakter siswa terhadap hasil belajar ekonomi yang diperoleh dari hipotesis ketiga Fhitung = 3,09 < Ftabel 2,28 dengan nilai signifikan α =0,05 atau terdapat pengaruh model pembelajaran group investigation dan karakter siswa terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, diupayakan agar guru dalam pembelajaran ekonomi menerapkan model pembelajaran group investigation dan berupaya meningkatakan karakter siswa