PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG MATA PELAJARAN AKUNTANSI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK BM ISTIQLAL DELITUA T.P 2015/2016
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Mata Pelajaran Akuntansi terhadap Prestasi Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas X Akuntansi SMK BM Istiqlal Delitua T.P 2015/2016; (2) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas X Akuntansi SMK BM Istiqlal Delitua T.P 2015/2016; dan (3) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Mata Pelajaran Akuntansi, dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas X Akuntansi SMK BM Istiqlal Delitua T.P 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMK BM Istiqlal Delitua. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi yang berjumlah 43 orang. Penentuan sampel ditentukan dengan teknik random sampling, yaitu 35 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Sebelum angket diberikan pada sampel yang sebenarnya maka dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas, dan untuk menguji hipotesis digunakan rumus regresi linier berganda, uji t parsial, uji F simultan, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan dari hasil analisis data dengan menggunakan SPSS versi 17 diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 1.395 +0,469X1 + 0,533X2 . Selanjutnya variabel persepsi siswa tentang mata pelajaran akuntansi (X1) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar akuntansi siswa dengan nilai sig < 0,05 (0,002 < 0,05) dan motivasi belajar (X2) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar akuntansi siswa dengan nilai sig < 0,05 (0,002 < 0,05). Secara bersama-sama persepsi siswa tentang mata pelajaran akuntansi dan motivasi belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi dengan nilai sig < 0,05 (0,000 < 0,05). Persentase sumbangan pengaruh persepsi siswa tentang mata pelajaran akuntansi dan motivasi belajar terhadap presstasi belajar akuntansi siswa sebesar 90,7%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan persepsi siswa tentang mata pelajaran akuntansi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X akuntansi SMK BM Istiqlal Delitua T.P 2015/2016