PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN BALLHANDLING ONE BALL DENGAN LATIHAN BALLHANDLING TWO BALL TERHADAP KEMAMPUAN DRIBBLING DALAM PERMAINAN BOLA BASKET PADA SISWA PUTRI EKSTRAKURIKULER SMA NEGERI 15 MEDAN TAHUN 2015
Daftar Isi:
- Dalam permainan bola basket teknik dribbling merupakan salah satu bentuk permainan yang lebih dominan selain bentuk latihan passing dan shooting di dalam permainan bola basket. Sehingga kemampuan dribbling harus mampu untuk di kuasai oleh setiap pemain, untuk itu diperlukan berbagai bentuk latihan untuk dapat meningkatkan kemampuan dribbling dengan baik di antaranya adalah bentuk latihan ballhandling one ball dan ballhandling two ball. Dengan tujuan dribbling adalah membebaskaan diri dari lawan atau mencari posisi bagus untuk mengoper atau menembak bola. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah yang memiliki pengaruh besar antara latihan ballhandling one ball dengan latihan ballhandling two ball terhadap kemampuan dribbling dalam permainan Bola Basket Pada Siswa Putri Ekstrakurikuler SMA Negeri 15 Medan Tahun 2015. Penelitian ini dilaksanakan di lapangan bola basket SMA Negeri 15 Medan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 12 orang. Untuk mendapatkan sampel yang mewakili populasi dipergunakan teknik purposive sampling (sampel bersyarat). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran yang melibatkan dua variabel bebas dan satu variabel terikat. Analisis hipotesis pertama dari data pre-test dan data post-test hasil kemampuan dribbling pada kelompok latihan ballhandling one ball diperoleh thitung sebesar 30,12 serta ttabel sebesar 2,23 dengan =0,05 (thitung > ttabel) berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi latihan ballhandling one ball berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan dribbling pada permainan bola basket pada siswa putri ekstrakurikuler SMA Negeri 15 Medan Tahun 2015. Analisis hipotesis kedua dari data pre-test dan data post-test hasil kemampuan dribbling pada kelompok latihan ballhandling two ball diperoleh thitung sebesar 27,45 serta ttabel sebesar 2,23 dengan =0,05 (thitung > ttabel) berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi latihan ballhandling two ball berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan dribbling pada permainan bola basket pada siswa putri ekstrakurikuler SMA Negeri 15 Medan Tahun 2015. Analisis hipotesis ketiga dari perhitungan rata-rata dan simpangan baku gabungan dari data post-test hasil kemampuan dribbling pada kelompok latihan ballhandling one ball dan kelompok latihan ballhandling two ball diperoleh harga thitung 0,11 serta ttabel sebesar 2,23 dengan =0,05 (thitung < ttabel) berarti Ho diterima dan Ha ditolak. Jadi, latihan ballhandling one ball tidak memberikan pengaruh yang lebih besar daripada latihan ballhandling two ball terhadap kemampuan dribbling pada permainan bola basket pada siswa putri ekstrakurikuler SMA Negeri 15 Medan Tahun 2015.