Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar instalsi motor listrik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pairs-share (TPS) pada siswa kelas XI TIPTL di SMK swasta budhi darma. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswsa kelas XI TITL SMK Swasta Budhi Darma, berjumlah 2 kelas, kelas TIPTL 1 Berjumlah 33 orang dan kelas TIPTL 2 berjumlah 33 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil 2 kelas, yaitu kelas eksperimen (menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS), dan kelas kontrolnya (menggunakanmodel pembelajaran ekspositori). Hasil analisis data yang diperoleh dari hasil belajar Instalasi Motor Listrik. Nilai rata-rata post test siswa pada Kelas eksperimen sebesar 20,57 dan kelas control sebesar 15,81. Untuk uji normalitas data pada taraf signifikan sebesar 0,05. Uji normalitas pada Kelas eksperimen diperoleh Lhitung sebesar 0.0124 dan Ltabel sebesar 0,154 karena Lhitung<Ltabel atau 0.0124 < 0,154 maka data instrument pada kelas eksperimen pada kategori normal, dan Uji normalitas pada Kelas kontrol diperoleh Lhitung sebesar -0,13077 dan Ltabel sebesar 0,154 maka data instrument pada kelas control pada kategori normal. Dan Uji Homogenitas Fh (Varian Kelas Kontrol dan Kelas Eksperimen) sebesar 1,94 dan Ftsebesar 2,31, karena Fhitung<Ftabel 1,94<2,31maka seluruh varian homogen. Dengan pengujian hipotesis menggunkan uji-t dengan taraf signifikan menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil pembelajaran pada siswa yang diajar menggunakan (menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS) dengan (menggunakan model pembelajaran ekspositori) dilihat dari thitung 8,5 yang lebih besar dari ttabel 1.66, sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha di terima.