UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING DENGAN KAKI BAGIAN DALAM PADA PERMAINAN SEPAKBOLA MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BILAH HULU TAHUN AJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing dengan kaki bagian dalam pada permainan sepakbola melalaui variasi pembelajaran pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Bilah Hulu Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian ini bersifat Penelitian Tindakan Kelas dan subjek penelitian ini adalah kelas X-1 yang terdiri dari 30 siswa, siswa yang laki-laki berjumlah 21 orang dan siswa yang perempuan berjumlah 9 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian proses passing dengan kaki bagian dalam pada permainan sepakbola. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, diterima data nilai siswa (passing dengan kaki bagian dalam) dari sekolah, dimana dari 30 siswa, terdapat hanya 9 siswa yang tuntas memenuhi KKM yaitu sebesar 30%, dan siswa yang tidak tuntas 21 orang siswa yaitu sebesar 70% , Pembelajaran dengan Hasil pembelajaran. Maka untuk meningkatkan hasil belajar siswa tersebut dilakukan tes siklus I yang berbentuk teknik passing kaki bagian dalam. Setelah siklus I dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 30 orang siswa terdapat 17 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 56,66% dengan nilai rata-rata 67,9 dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 13 orang dengan ketuntasan belajar klasikal 43,33%. Ini berarti ketuntasan belajar klasikal (>85%) belum tercapai, untuk itu peneliti masih perlu melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan peneliti melanjutkan penelitiannya dengan dilakukannya tes siklus II dan memperbaiki kesalahan yang ada di siklus I. Setelah siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 30 orang siswa terdapat 26 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 86,66% dengan nilai rata-rata 76,46 dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 4 siswa 13,33%. Maka Kenaikan Hasil Belajar Siklus I ke Siklus II Meningkat Sebesar 8,56 atau 30%. Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal(>85%) telah tercapai. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan melalui variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar passing dengan kaki bagian dalam pada permainan sepakbola pada siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Bilah Hulu Tahun Ajaran 2016/2017