Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Chess Pass Bola Basket Melalui Variasi Pembelajaran Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Lokasi penelitian ini adalah SMA Negeri 2 Medan yang beralamat di jln. Karang Sari no.435, Medan, Sumatera Utara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA kelas X Mia 1 SMA Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang, 21 orang siswa putra, dan 14 siswa putri yang akan diberikan tindakan penggunaan variasi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar chess pass bola basket. Penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Hasil Penelitian Pada Siklus I menunjukkan siswa yang tuntas belajar terdapat 21 siswa (60%) dan 14 siswa (40%) yang belum tuntas dalam belajar dengan nilai rata-rata siswa yaitu 72,71. Sedangkan pada siklus II peningkatan jumlah siswa yang tuntas dalam belajar semakin meningkat dibandingkan siklus I, yaitu terdapat 30 siswa (86%) yang tuntas belajar dan 5 siswa (14%) yang belum tuntas dalam belajar dengan rata-rata nilai siswa yaitu 79,66. Berdasarkan hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Melalui Variasi Pembelajaran Pada Siswa Kelas X Mia 1 SMA Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2016/2017 dapat meningkatkan hasil belajar Chess Pass Bola Basket pada siswa