PENINGKATAN HASIL BELAJAR DRIBBLE BOLA BASKET MELALUI MODIFIKASI BOLA DENGAN METODE INKLUSI PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA PARULIAN 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dribble bola basketmelalui media modifikasi boladenganmetodeinklusipada siswa kelas Kelas VIIISmpSwastaParulian 1 Medan .Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Smp Swasta Parulian 1 Medandengan jumlah siswa/siswi sebanyak 32 orang yang akan diberikan tindakan berupa pembelajaran melalui media modifikasi bola dengan metode Inklusiterhadap hasil belajar dribble bola basket. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar di akhir setiap siklus yang berbentuk aplikasi penilaian TesHasilBelajardribble Bola basket. Dengan pelaksanaan penelitian tes hasil belajar ini dilaksanakan selama dua minggu atau dua kali pertemuan. Analisis data dilakukan dengan cara presentase. Hasil penelitian menyimpulkan : (1) dari tes hasil belajar siklus I diperoleh sebanyak 18 orang siswa (56,25%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 14 orang siswa (43,75%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 70,62. Namun belum memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal yang diharapkan yaitu 85%.(2) dari tes hasil belajar siklus II diperoleh data sebanyak 28 orang siswa (87,50%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 4 orang siswa (12,50%) masih belum tuntas. Dengan nilai rata-rata 80,62. Peningkatan persentase nilai rata-rata hasil belajar siswa dari tes sebelumnya yaitu 10% dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 31,25%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui modifikasi boladengan metode inklusidapat memberikan peningkatan terhadap hasil belajar dribble bola basketpada siswa kelas VIII SmpSwastaParulian 1 Medan TahunAjaran 2016/2017