UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LEMPAR CAKRAM DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MODIFIKASI MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS XI JURUSAN AKUNTANSI 3 SMK NEGERI 7 MEDAN TAHUN AJARAN 2016-2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lempar cakram melalui pendekatan saintifik pada siswa kelas XI jurusan Akuntansi 3 SMK Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan . Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Akuntansi 3 SMK Negeri 7 Medan yang berjumlah 35 orang diantaranya terdiri dari 35 siswa putri. Dari hasil data awal yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam melakukan lempar cakram masih rendah yaitu 25 siswa (71.4%) yang belum mendapatkan ketuntasan belajar, sedangkan 10 siswa (28.6%) sudah mencapai tingkat ketuntasan belajar. Selanjutnya diberi pembelajaran lempar cakram melalui pendekatan saintifik dengan media modifikasi. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa. Dari tes hasil belajar siklus I diperoleh 20 siswa (57.1%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 15 siswa (42.8%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 72,9. Pada siklus II hasil belajar lempar cakram yaitu 30 siswa (85.7%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 5 siswa (14.3%) belum mencapai tingkat ketuntasan dalam belajar. Dengan nilai rata-rata 85,1. Dengan itu diperoleh peningkatan nilai rata-rata dari siklus I dan siklus II sebesar 12,2%. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa melalui pendekatan saintifik dengan media modifikasi dapat meningkatkan hasil belajar lempar cakram pada siswa kelas XI Jurusan Akuntansi 3 SMK Negeri 7 Medan Tahun ajaran 2016/2017