Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki hasil belajar Forehand service dalam permainan bulutangkis dengan gaya mengajar resiprokal pada siswa kelas X MA Taman Pendidikan Islam Medan tahun ajaran 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dengan jumlah siswa 24 orang yang akan diberikan tindakan berupa pengajaran melalui gaya mengajar resiprokal. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar pada tes awal, tes hasil belajar I dan hasil belajar II yang berbentuk aplikasi teknik dasar servis pendek forehand bulutangkis sebanyak 2 kali pertemuan. Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : dari tes hasil belajar sebelum menggunakan gaya mengajar resiprokal (pre test) diperoleh 9 siswa (38.24%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 15 siswa (61.76%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dari tes hasil belajar dengan gayamengajar resiprokal di siklus I diperoleh 13 siswa (55.88%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 11 siswa (44.12%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dari tes hasil belajar di siklus II diperoleh siswa 20 siswa (82.35%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 4 siswa (17.65%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siklus I ke siklus II yaitu sebesar 7,11 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 26,47%. Berdasarkan analisis data dapat dikatakan bahwa melalui pembelajaran gaya mengajar resiprokal dapat meningkatkan hasil belajar Forehand service dalam permainan bulutangkis pada siswa kelas X Taman Pendidikan Islam Medan Tahun Ajaran 2016/2017.