Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing sepak bola melalui pendekatan bermain pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pegajahan Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan subjek penelitian ini adalah kelas VIII yang terdiri dari 30 siswa. Laki-laki 20 orang dan perempuan 10 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar portofolio dan lembar observasi. Dari hasil data awal yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam melakukan passing menggunakan kaki bagian dalam masih rendah yaitu 9 orang siswa (30%) yang telah mencapai ketuntasan belajar sedangkan 21 orang siswa (70%) belum mencapai ketuntasan belajar. Selanjutnya diberi pembelajaran passing menggunakan kaki bagian dalam melalui pendekatan bermain. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa. Dari tes hasil belajar siklus I diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 30 orang siswa terdapat 21 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar (70%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan siswa yang tidak tuntas berjumlah sebanyak 9 siswa dengan ketuntasan belajar klasikal (30%). Ini berarti ketuntasan belajar klasikal >85%) belum tercapai, untuk itu peneliti masih perlu melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan peneliti melanjutkan penelitiannya dengan dilakukannya tes siklus II yang sama perlakuannya di siklus I. Setelah siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 30 orang siswa terdapat 26 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar (86,66%) dengan nilai rata-rata 88,69 dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 4 siswa (13,33%). Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal >85%) telah tercapai. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan metode pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar passing dalam permainan sepak bola pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pegajahan Tahun Ajaran 2016/2017