ctrlnum 21922
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/21922/</relation><title>UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING KAKI BAGIAN&#xD; LUAR DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI&#xD; PENERAPAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL&#xD; PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA&#xD; YOSEF ARNOLDI BAGAN BATU&#xD; TAHUN AJARAN 2016/2017</title><creator>Pakpahan, Damianus Soni Wesli</creator><subject>GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.</subject><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar&#xD; Passing kaki bagian luar pada permainan sepak bola dengan menggunakan gaya&#xD; mengajar resiprokal pada siswa kelas VIII A SMP Swasta Yosef Arnoldi Bagan&#xD; Batu Tahun Ajaran 2016/2017.&#xD; Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Swasta Yosef&#xD; Arnoldi Bagan Batu dengan jumlah siswa 35 orang siswa,14 orang Putra dan 21&#xD; orang putri. Untuk menganalisis data dalam penelitian ini dan untuk mengetahui&#xD; hasil dilihat dari ketuntasan siswa secara individu dan secara klasikal. Metode&#xD; penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas. Untuk&#xD; memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar I dan tes&#xD; hasil belajar II yang berbentuk aplikasi teknik dasar passing sepak bola dengan&#xD; menggunakan kaki bagian luar sebanyak dua kali.&#xD; Berdasarkan hasil tes awal yang dilakukan pada siswa VIII A SMP Swasta&#xD; Yosef Arnoldi Bagan Batu Tahun Ajaran 2016/2017. Dari 35 siswa dan data&#xD; terkumpul dilakukan analisa : (1) Dari tes hasil belajar sebelum&#xD; menggunakangaya mengajar Resiprokal dalam pembelajaran (Pre test) diperoleh&#xD; 8 orang siswa (22,85%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 27&#xD; orang siswa (77,14%) belum mencapai ketuntasan belajar. Kemudian dilakukan&#xD; pembelajaran dengan menggunakan penerapan gaya mengajar resiprokal. (2) Dari&#xD; tes hasil belajar menggunakan gaya mengajar resiprokal pembelajaran, di siklus I&#xD; diperoleh 19 orang siswa (54,29%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan&#xD; belajar, sedangkan 16 orang siswa (45,71%) belum mencapai tingkat ketuntasan&#xD; belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 68,55%. Kemudian&#xD; dilakukan kembali pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran gaya&#xD; mengajar resiprokal. (3) Dari tes hasil belajar II di siklus II diperoleh 30 orang&#xD; siswa (85,71%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 5&#xD; orang siswa (14,29%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai&#xD; rata-rata hasil belajar siswa adalah 79,01% . Dalam hal ini dapat dilihat bahwa&#xD; terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu&#xD; sebesar 4,2 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 31,42%. Berdasarkan&#xD; hasil analisis data dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan penerapan gaya&#xD; mengajar resiprokal dapat meningkatkan hasil belajar Passing kaki bagian luar&#xD; pada permainan sepak bola pada siswa kelas VIII SMP Swasta Yosef Arnoldi&#xD; Bagan Batu Tahun Ajaran 2016/2017.</description><date>2016-08-07</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/21922/1/1.%20NIM.%206123111024_COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/21922/2/2.%20NIM.%206123111024_LEMBAR%20PERSETUJUAN%20%26%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/21922/3/3.%20NIM.%206123111024_ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/21922/4/4.%20NIM.%206123111024_KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/21922/5/5.%20NIM.%206123111024_DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/21922/6/6.%20NIM.%206123111024_DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/21922/7/7.%20NIM.%206123111024_DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/21922/8/8.%20NIM.%206123111024_DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/21922/9/9.%20NIM.%206123111024_BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/21922/10/13.%20NIM.%206123111024_BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/21922/11/14.%20NIM.%206123111024_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Pakpahan, Damianus Soni Wesli (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING KAKI BAGIAN LUAR DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI PENERAPAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA YOSEF ARNOLDI BAGAN BATU TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>21922</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Pakpahan, Damianus Soni Wesli
title UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING KAKI BAGIAN LUAR DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI PENERAPAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA YOSEF ARNOLDI BAGAN BATU TAHUN AJARAN 2016/2017
publishDate 2016
isbn 206123111024
topic GV861 Ball games: Baseball
football
golf
etc
LB1603 Secondary Education. High schools
url http://digilib.unimed.ac.id/21922/1/1.%20NIM.%206123111024_COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21922/2/2.%20NIM.%206123111024_LEMBAR%20PERSETUJUAN%20%26%20PENGESAHAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21922/3/3.%20NIM.%206123111024_ABSTRAK.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21922/4/4.%20NIM.%206123111024_KATA%20PENGANTAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21922/5/5.%20NIM.%206123111024_DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21922/6/6.%20NIM.%206123111024_DAFTAR%20TABEL.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21922/7/7.%20NIM.%206123111024_DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21922/8/8.%20NIM.%206123111024_DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21922/9/9.%20NIM.%206123111024_BAB%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21922/10/13.%20NIM.%206123111024_BAB%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21922/11/14.%20NIM.%206123111024_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21922/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Passing kaki bagian luar pada permainan sepak bola dengan menggunakan gaya mengajar resiprokal pada siswa kelas VIII A SMP Swasta Yosef Arnoldi Bagan Batu Tahun Ajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Swasta Yosef Arnoldi Bagan Batu dengan jumlah siswa 35 orang siswa,14 orang Putra dan 21 orang putri. Untuk menganalisis data dalam penelitian ini dan untuk mengetahui hasil dilihat dari ketuntasan siswa secara individu dan secara klasikal. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar I dan tes hasil belajar II yang berbentuk aplikasi teknik dasar passing sepak bola dengan menggunakan kaki bagian luar sebanyak dua kali. Berdasarkan hasil tes awal yang dilakukan pada siswa VIII A SMP Swasta Yosef Arnoldi Bagan Batu Tahun Ajaran 2016/2017. Dari 35 siswa dan data terkumpul dilakukan analisa : (1) Dari tes hasil belajar sebelum menggunakangaya mengajar Resiprokal dalam pembelajaran (Pre test) diperoleh 8 orang siswa (22,85%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 27 orang siswa (77,14%) belum mencapai ketuntasan belajar. Kemudian dilakukan pembelajaran dengan menggunakan penerapan gaya mengajar resiprokal. (2) Dari tes hasil belajar menggunakan gaya mengajar resiprokal pembelajaran, di siklus I diperoleh 19 orang siswa (54,29%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 16 orang siswa (45,71%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 68,55%. Kemudian dilakukan kembali pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran gaya mengajar resiprokal. (3) Dari tes hasil belajar II di siklus II diperoleh 30 orang siswa (85,71%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 5 orang siswa (14,29%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 79,01% . Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 4,2 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 31,42%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan penerapan gaya mengajar resiprokal dapat meningkatkan hasil belajar Passing kaki bagian luar pada permainan sepak bola pada siswa kelas VIII SMP Swasta Yosef Arnoldi Bagan Batu Tahun Ajaran 2016/2017.
id IOS3150.21922
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2017-02-25T17:14:57Z
last_indexed 2017-02-25T17:14:57Z
recordtype dc
_version_ 1766033421104054272
score 17.538404