UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING KAKI BAGIAN LUAR DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI PENERAPAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA YOSEF ARNOLDI BAGAN BATU TAHUN AJARAN 2016/2017
ctrlnum |
21922 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/21922/</relation><title>UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING KAKI BAGIAN
LUAR DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI
PENERAPAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL
PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA
YOSEF ARNOLDI BAGAN BATU
TAHUN AJARAN 2016/2017</title><creator>Pakpahan, Damianus Soni Wesli</creator><subject>GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.</subject><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
Passing kaki bagian luar pada permainan sepak bola dengan menggunakan gaya
mengajar resiprokal pada siswa kelas VIII A SMP Swasta Yosef Arnoldi Bagan
Batu Tahun Ajaran 2016/2017.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Swasta Yosef
Arnoldi Bagan Batu dengan jumlah siswa 35 orang siswa,14 orang Putra dan 21
orang putri. Untuk menganalisis data dalam penelitian ini dan untuk mengetahui
hasil dilihat dari ketuntasan siswa secara individu dan secara klasikal. Metode
penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas. Untuk
memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar I dan tes
hasil belajar II yang berbentuk aplikasi teknik dasar passing sepak bola dengan
menggunakan kaki bagian luar sebanyak dua kali.
Berdasarkan hasil tes awal yang dilakukan pada siswa VIII A SMP Swasta
Yosef Arnoldi Bagan Batu Tahun Ajaran 2016/2017. Dari 35 siswa dan data
terkumpul dilakukan analisa : (1) Dari tes hasil belajar sebelum
menggunakangaya mengajar Resiprokal dalam pembelajaran (Pre test) diperoleh
8 orang siswa (22,85%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 27
orang siswa (77,14%) belum mencapai ketuntasan belajar. Kemudian dilakukan
pembelajaran dengan menggunakan penerapan gaya mengajar resiprokal. (2) Dari
tes hasil belajar menggunakan gaya mengajar resiprokal pembelajaran, di siklus I
diperoleh 19 orang siswa (54,29%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan
belajar, sedangkan 16 orang siswa (45,71%) belum mencapai tingkat ketuntasan
belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 68,55%. Kemudian
dilakukan kembali pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran gaya
mengajar resiprokal. (3) Dari tes hasil belajar II di siklus II diperoleh 30 orang
siswa (85,71%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 5
orang siswa (14,29%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai
rata-rata hasil belajar siswa adalah 79,01% . Dalam hal ini dapat dilihat bahwa
terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu
sebesar 4,2 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 31,42%. Berdasarkan
hasil analisis data dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan penerapan gaya
mengajar resiprokal dapat meningkatkan hasil belajar Passing kaki bagian luar
pada permainan sepak bola pada siswa kelas VIII SMP Swasta Yosef Arnoldi
Bagan Batu Tahun Ajaran 2016/2017.</description><date>2016-08-07</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/21922/1/1.%20NIM.%206123111024_COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/21922/2/2.%20NIM.%206123111024_LEMBAR%20PERSETUJUAN%20%26%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/21922/3/3.%20NIM.%206123111024_ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/21922/4/4.%20NIM.%206123111024_KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/21922/5/5.%20NIM.%206123111024_DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/21922/6/6.%20NIM.%206123111024_DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/21922/7/7.%20NIM.%206123111024_DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/21922/8/8.%20NIM.%206123111024_DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/21922/9/9.%20NIM.%206123111024_BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/21922/10/13.%20NIM.%206123111024_BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/21922/11/14.%20NIM.%206123111024_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Pakpahan, Damianus Soni Wesli (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING KAKI BAGIAN LUAR DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI PENERAPAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA YOSEF ARNOLDI BAGAN BATU TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>21922</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Pakpahan, Damianus Soni Wesli |
title |
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING KAKI BAGIAN
LUAR DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI
PENERAPAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL
PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA
YOSEF ARNOLDI BAGAN BATU
TAHUN AJARAN 2016/2017 |
publishDate |
2016 |
isbn |
206123111024 |
topic |
GV861 Ball games: Baseball football golf etc LB1603 Secondary Education. High schools |
url |
http://digilib.unimed.ac.id/21922/1/1.%20NIM.%206123111024_COVER.pdf http://digilib.unimed.ac.id/21922/2/2.%20NIM.%206123111024_LEMBAR%20PERSETUJUAN%20%26%20PENGESAHAN.pdf http://digilib.unimed.ac.id/21922/3/3.%20NIM.%206123111024_ABSTRAK.pdf http://digilib.unimed.ac.id/21922/4/4.%20NIM.%206123111024_KATA%20PENGANTAR.pdf http://digilib.unimed.ac.id/21922/5/5.%20NIM.%206123111024_DAFTAR%20ISI.pdf http://digilib.unimed.ac.id/21922/6/6.%20NIM.%206123111024_DAFTAR%20TABEL.pdf http://digilib.unimed.ac.id/21922/7/7.%20NIM.%206123111024_DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf http://digilib.unimed.ac.id/21922/8/8.%20NIM.%206123111024_DAFTAR%20GAMBAR.pdf http://digilib.unimed.ac.id/21922/9/9.%20NIM.%206123111024_BAB%20I.pdf http://digilib.unimed.ac.id/21922/10/13.%20NIM.%206123111024_BAB%20V.pdf http://digilib.unimed.ac.id/21922/11/14.%20NIM.%206123111024_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.unimed.ac.id/21922/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
Passing kaki bagian luar pada permainan sepak bola dengan menggunakan gaya
mengajar resiprokal pada siswa kelas VIII A SMP Swasta Yosef Arnoldi Bagan
Batu Tahun Ajaran 2016/2017.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Swasta Yosef
Arnoldi Bagan Batu dengan jumlah siswa 35 orang siswa,14 orang Putra dan 21
orang putri. Untuk menganalisis data dalam penelitian ini dan untuk mengetahui
hasil dilihat dari ketuntasan siswa secara individu dan secara klasikal. Metode
penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas. Untuk
memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar I dan tes
hasil belajar II yang berbentuk aplikasi teknik dasar passing sepak bola dengan
menggunakan kaki bagian luar sebanyak dua kali.
Berdasarkan hasil tes awal yang dilakukan pada siswa VIII A SMP Swasta
Yosef Arnoldi Bagan Batu Tahun Ajaran 2016/2017. Dari 35 siswa dan data
terkumpul dilakukan analisa : (1) Dari tes hasil belajar sebelum
menggunakangaya mengajar Resiprokal dalam pembelajaran (Pre test) diperoleh
8 orang siswa (22,85%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 27
orang siswa (77,14%) belum mencapai ketuntasan belajar. Kemudian dilakukan
pembelajaran dengan menggunakan penerapan gaya mengajar resiprokal. (2) Dari
tes hasil belajar menggunakan gaya mengajar resiprokal pembelajaran, di siklus I
diperoleh 19 orang siswa (54,29%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan
belajar, sedangkan 16 orang siswa (45,71%) belum mencapai tingkat ketuntasan
belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 68,55%. Kemudian
dilakukan kembali pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran gaya
mengajar resiprokal. (3) Dari tes hasil belajar II di siklus II diperoleh 30 orang
siswa (85,71%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 5
orang siswa (14,29%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai
rata-rata hasil belajar siswa adalah 79,01% . Dalam hal ini dapat dilihat bahwa
terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu
sebesar 4,2 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 31,42%. Berdasarkan
hasil analisis data dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan penerapan gaya
mengajar resiprokal dapat meningkatkan hasil belajar Passing kaki bagian luar
pada permainan sepak bola pada siswa kelas VIII SMP Swasta Yosef Arnoldi
Bagan Batu Tahun Ajaran 2016/2017. |
id |
IOS3150.21922 |
institution |
Universitas Negeri Medan |
institution_id |
60 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Medan |
library_id |
564 |
collection |
Digital Repository Universitas Negeri Medan |
repository_id |
3150 |
subject_area |
Adat Istiadat Agama Akuntansi |
city |
KOTA MEDAN |
province |
SUMATERA UTARA |
repoId |
IOS3150 |
first_indexed |
2017-02-25T17:14:57Z |
last_indexed |
2017-02-25T17:14:57Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766033421104054272 |
score |
17.538404 |