Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki hasil belajar materi bahaya merokok bagi kesehatan melalui media audio visual pada siswa/siswi kelas V SD Negeri 107396 Paluh Merbau Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini yang menjadi subjek adalah siswa/siswi kelas V yang berjumlah sebanyak 29 siswa yang akan diberikan tindakan melalui Penerapan Media Audio Visual terhadap proses belajar pada materi bahaya merokok bagi kesehatan melalui media audio visual . Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Setelah data terkumpul didapatkan hasil analisis : (1) Dari tes awal diperoleh 6 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar (21%), sedangkan 23 siswa belum mencapai ketuntasan belajar (79%) dengan nilai rata-rata 61. (2) Dari tes hasil belajar siklus 1 diperoleh sebanyak 14 orang siswa (48%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 15 orang siswa (52%) belum mencapai ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata hasil belajar adalah 67. (3) Dari tes hasil belajar siklus 2 diperoleh data sebanyak 24 orang siswa (83%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 5 orang siswa (17%) masih belum tuntas dengan nilai rata-rata siswa 84. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari data awal ke siklus 1 sebesar 27%, sedangkan peningkatan nilai rata-rata siklus 1 ke siklus 2 yaitu sebesar 35%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui Penerapan Media Audio Visual dapat meningkatkan proses hasil belajar pada materi bahaya merokok bagi kesehatan pada siswa/siswi kelas V SD Negeri 107396 Paluh Merbau Tahun Ajaran 2016/2017.