Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar shooting sepak bola melalui pendekatan bermain pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sei Rampah Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan subjek penelitian ini adalah kelas VIII yang terdiri dari 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar portofolio dan lembar observasi. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes siklus I yang berbentuk teknik dasar shooting. Setelah siklus I dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 30 orang siswa terdapat 17 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 56,7% dengan nilai rata-rata 67,9 dan siswa yang tidak tuntas berjumlah sebanyak 13 siswa dengan ketuntasan belajar klasikal 43,3%. Ini berarti ketuntasan belajar klasikal (>85%) belum tercapai, untuk itu peneliti masih perlu melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan peneliti melanjutkan penelitiannya dengan dilakukannya tes siklus II yang sama perlakuannya di siklus I. Setelah siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 30 orang siswa terdapat 26 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 86,66% dengan nilai rata-rata 76,46% dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 4 siswa 13,34% . Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal(>85%) telah tercapai. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan metode pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar shooting sepak bola pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sei Rampah Tahun Ajaran 2016/2017.