UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SAWIT SEBERANG TAHUN AJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar passing dalam permainan sepakbola yang didapat siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sawit Seberang Tahun Ajaran 2016/2017 melalui pendekatan bermain. Subjek Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Sawit Seberang Tahun Ajaran 2016/2017, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A yang berjumlah 29 orang. Untuk menganalisis data dalam penelitian ini dan untuk mengetahui hasil dilihat dari ketuntasan siswa secara individu dan secara klasikal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar yang berbentuk portofolio, dengan pendekatan bermain, maka diadakan tes hasil belajar pada siklus I dan siklus II yang berbentuk melakukan teknik dasar passing dalam permainan sepak bola. Berdasarkan hasil tes awal passing dalam permainan sepak bola melalui pendekatan bermain yang dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sawit Seberang. Dari 29 siswa terdapat 9 siswa (31,03%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa (55,07%). Hasil dari siklus I terdapat 20 siswa (68,96%) dari 29 siswa, yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa (74,59%). Di siklus II terdapat 26 siswa (89,65%) dari 29 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata (83,80). Dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa dari tes awal sampai dilakukannya siklus I dan siklus II terjadi peningkatan, dapat dikatakan melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar siswa