Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menggiring bola dalam permainan bola basket melalui gaya mengajar inklusi dan variasi pembelajaran pada siswa kelas VII SMP Swasta Karang Sari Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian ini tindakan kelas dan subjek penelitian ini adalah kelas VII yang terdiri dari 35 siswa, objek dalam penelitian ini adalah menggunakan gaya mengajar inklusi dan variasi pembelajaran upaya meningkatkan hasil belajar menggiring bola dalam permainan bola basket pada siswa kelas VII SMP Swasta Karang Sari Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian proses dribbling bola basket. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes siklus I yang berbentuk teknik dribbling bola basket. Setelah siklus I dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dari 35 orang siswa terdapat 21 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 60% dengan nilai rata-rata 69,48. Ini berarti ketuntasan belajar klasikal (>85%) belum tercapai, untuk itu peneliti masih perlu melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan peneliti melanjutkan penelitiannya dengan dilakukannya tes siklus II yang sama perlakuannya di siklus I. Setelah siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dari 35 orang siswa terdapat 30 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 86% dengan nilai rata-rata 76,91. Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal(>85%) telah tercapai. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan melalui gaya mengajar inklusi dan variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar menggiring bola dalam permainan bola basket pada siswa kelas VII SMP Swasta Karang Sari Medan Tahun Ajaran 2016/2017.