Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar lari sprint dengan penggunaan model pembelajaran umpan balik dan pendekatan saintifik pada siswa kelas X MAN 1 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode PTK (penelitian tindakan kelas) dilakukan dengan 2 siklus tindakan selama 2 minggu dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 32 siswa-siswi, yang terdiri dari 18 siswi perempuan dan 14 siswa laki-laki. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar 1 yang berbentuk aplikasi teknik dasar lari sprint sebanyak 1 kali pertemuan. Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisisnya: (1) Dari tes awal diperoleh 11 orang siswa (34,37%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 21 orang siswa (65,63%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan rata-rata hasil belajar siswa adalah 2,38. (2) Dari tes hasil belajar 1 siklus 1 diperoleh 21 orang siswa (65,62%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 11 orang siswa (34,38%) belum mencapai tingakt ketuntasan belajar, dengan rata-rata hasil belajar siswa adalah 2,53. (3) Dari tes hasil belajar 2 siklus 2 diperoleh 29 orang siswa (90,62%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar,sedangkan 3 orang siswa (1,38%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar,dengan rata-rata hasil belajar siswa 2,68%. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari data awal ke siklus 1 sebesar 31,25 %, sedangkan peningkatan nilai rata-rata siklus 1 ke siklus 2 yaitu sebesar 25,0 %. Berdasarkan analisis data yang dapat dikatakan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran umpan balik dan pendekatan saintifik dapat menunjang pembelajaran pendidikan jasmani terhadap hasil belajar siswa kelas X MAN 1 Medan Tahun Ajaran 2016/2017.