UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU GAYA MENYAMPING MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODIFIKASI ALAT PADA SISWA/I KELAS VIII SMP PAHLAWAN NASIONAL MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tolak peluru gaya menyamping menggunakan pendekatan saintifik dengan modifikasi alat pada siswa/i kelas VIII SMP Pahlawan Nasional Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Pahlawan Nasional Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas VIII-2 SMP Pahlawan Nasional Medan yang berjumlah 35 orang diantaranya terdiri dari 15 siswa dan 20 siswi. Dari hasil data awal yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam melakukan tolak peluru gaya menyamping masih rendah yaitu 10 siswa/i (28,57%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 25 siswa/i (71,43%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Selanjutnya diberi pembelajaran tolak peluru gaya menyamping menggunakan pendekatan saintifik dengan Modifikasi Alat. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa. Dari tes hasil belajar siklus I diperoleh 20 siswa/i (57,14%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 15 siswa/i (42,86%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 7.28%. Pada siklus II hasil belajar tolak peluru gaya menyamping yaitu 30 siswa/i (85,71%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 5 siswa/i (14,29%) belum mencapai tingkat ketuntasan dalam belajar. Dengan nilai rata-rata 85,12%. Dengan itu diperoleh peningkatan nilai rata-rata dari siklus I dan siklus II sebesar 12,2%. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa menggunakan pendekatan saintifik dengan modifikasi alat dapat meningkatkan hasil belajar Tolak Peluru Gaya Menyamping Pada Siswa/i Kelas VIII SMP Pahlawan Nasional Tahun Ajaran 2016/2017