Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar forehand push tenis meja melalui penerapan gaya mengajar inklusi dengan modifikasi alat pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Rampah Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Sei Rampah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-9 SMP Negeri 1 Sei Rampah yang berjumlah 32 orang diantaranya terdiri dari 15 siswa putra dan 17 siswa putri. Dari hasil data awal yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam melakukan Forehand Push tenis meja masih rendah yaitu 14 siswa (43,75%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 18 siswa (56,25%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Selanjutnya diberi pembelajaran Forehand Push melalui penerapan gaya mengajar Inklusi dengan Modifikasi Alat. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa. Dari tes hasil belajar siklus I diperoleh 21 siswa (65,62%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 11 siswa (34,38%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 74,41. Pada siklus II hasil belajar Forehand Push Tenis meja yaitu 28 siswa (87,50%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 4 siswa (12,50%) belum mencapai tingkat ketuntasan dalam belajar. Dengan nilai rata-rata 88,05. Dengan itu diperoleh peningkatan nilai rata-rata dari siklus I dan siklus II sebesar 21,88. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa melalui penerapan gaya mengajar Inklusi dengan Modifikasi Alat dapat meningkatkan hasil belajar Forehand Push tenis meja pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Rampah Tahun ajaran 2016/2017