UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA TUNAGRAHITA DI SMA SLB C SANTA LUSIA MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lari sprint melalui pendekatan bermain pada siswa tunagrahita di SMA SLB C Santa Lusia Medan Tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Lokasi pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan di Medan. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar pada tes awal, lalu setelah itu dilakukan pembelajaran melalui pendekatan bermain yang dilakukan Tes Hasil Belajar siklus I dan Tes Hasil Belajar siklus II yang berbentuk aplikasi teknik dasar lari sprint. Adapun masalah yang berkaitan dengan kemampuan siswa yaitu : Keterbelakangan mental dan keterbatasan kemampuan fisik siswa menyulitkan untuk melaksanakan pembelajaran sesuai dengan yang diharapkan. Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : (1) dari tes hasil belajar sebelum menggunakan Pendekatan Bermain (pree test) tidak ada siswa (0%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 61,5. Kemudian dilakukan pembelajaran melalui pendekatan bermain. (2) dari tes hasil belajar pendekatan bermain disiklus I diperoleh 4 siswa (44,4%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 5 siswa (55,6%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 68,4. Kemudian dilakukan kembali pembelajaran melalui pendekatan bermain. (3) dari tes hasil belajar melalui pendekatan bermain disiklus II diperoleh 7 siswa (77,8%) yang mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 2 siswa (22,2%) belum mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata siswa adalah 73,5. Berdasarkan hasil analisis data terlihat bahwa dalam menggunakan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar lari sprint pada siswa tunagrahita di SMA SLB C Santa Lusia tahun ajaran 2016/2017.