Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar chest pass bola basket pada siswa kelas X MAN 1 Medan tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas ( classroom Action Research) dan subjek dalam penelitian ini adalah kelas X yang terdiri dari 32 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian proses chest pass bola Basket . Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes siklus 1 yang berbentuk teknik chest pass boola basket. Setelah siklus 1 dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 32 siswa terdapat 22 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 68,75% dengan nilai rata-rata 2,84 dan siswa yang belum tuntas berjumlah 10 siswa atau 31,25%. ini berarti ketuntasan belajar klasikal (85%) belum tercapai, untuk itu peneliti masih perlu melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan peneliti melanjutkan penelitianya dengan dilakukannya siklus II yang sama perlakukan disiklus I. Setelah siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar chest pass bola basket siswa dimana dari 32 orang siswa terdapat 29 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 83,33% dengan nilai rata-rata 90,62% dan siswa yang belum tuntas berjumlah 3 siswa 9,37%. ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal (85%) telah tercapai. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa melalui Variasi dan Pedekatan Saintifik dapat meningkatkan hasil belajar chest pass bola basket pada siswa kelas X MAN 1 Medan Tahun Ajaran 2016/2017