Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Dribble Bola Basket melalui penerapan gaya mengajar inklusi dan modifikasi alat pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tigapanah Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tigapanah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS-1 SMA Negeri 1 Tigapanah yang berjumlah 29 orang diantaranya terdiri dari 9 siswa putra dan 20 siswa putri. Dari hasil data awal yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam melakukan Dribble Bola Basket masih rendah yaitu 9 siswa (31,03%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 20 siswa (68,96%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Selanjutnya diberi pembelajaran Dribble melalui penerapan gaya mengajar Inklusi dan Modifikasi Alat. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa. Dari tes hasil belajar siklus I diperoleh 20 siswa (68,96%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 9 siswa (31,03%) belum mencapai ketuntasan belajar. Pada siklus II hasil belajar Dribble Bola Basket yaitu 26 siswa (89,65%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 3 siswa (10,34%) belum mencapai tingkat ketuntasan dalam belajar. Dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa dari tes awal sampai dilakukannya siklus I dan siklus II terjadi peningkatan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa melalui penerapan gaya mengajar Inklusi dan Modifikasi Alat dapat meningkatkan hasil belajar Dribble Bola Basket pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tigapanah Kabupaten Karo Tahun ajaran 2016/2017