Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli dengan menggunakan penerapan variasi pembelajaran pada siswa kelas XII RPL 1 SMK Negeri 1 Lumbanjulu Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas. (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Adapun subjek penelitian adalah kelas XII RPL 1 yang berjumlah 24 orang siswa dengan komposisi laki-laki berjumlah 9 orang dan perempuan berjumlah 15 orang. Setelah penenlitian dilakukan maka terkumpul data yaitu : (1) Dari hasil tes belajar sebelum mengadakan variasi pembelajaran data awal diperoleh 4 orang siswa (16,67%) yang sudah tuntas dalam belajar dan 20 orang siswa (83,33%) yang belum tuntas dalam belajar. Kemudian dilakukan pembelajaran dengan menerapkan variasi pembelajaran. (2) Dari tes hasil belajar dengan menerapkan variasi pembelajaran, maka pada siklus I diperoleh data bahwa 11 orang siswa (45,83%) yang sudah tuntas dalam belajar dan 13 orang siswa (54,17%) yang belum tuntas dalam belajar. Maka melihat masih banyak siswa yang belum tuntas dilakukanlah siklus II. (3) Dari hasi tes belajar pada siklus II maka diperoleh 21 orang siswa (87,5%) yang sudah tuntas dalam belajar dan 3 orang siswa (12,5%) yang belum tuntas dalam belajar. Dari perolehan data pada data awal, siklus I dan siklus II terjadi peningkatan yang sangat signifikan yaitu 41,66%. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan penerapan variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar Passing bawah bola voli pada siswa kelas XII RPL 1 SMK Negeri 1 Lumbanjulu Tahun Ajaran 2016/2017.