INOVASI PEMBELAJARAN DENGAN PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KECAKAPAN SOSIAL MAHASISWA PADA PERKULIAHAN STRATEGI BELAJAR MENGAJAR BIOLOGI

Main Authors: Hasruddin, , Nasution, Muhammad Yusuf, Rezeqi, Salwa
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/21891/1/Fulltext.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21891/2/Reviewer.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21891/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecakapan sosial mahasiswa dengan menerapkan pembelajaran kontekstual pada perkuliahan Strategi Belajar Mengajar Biologi. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan. Subyek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi berjumlah 40 orang, yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data kecakapan sosial diperoleh melalui angket dan dianalisis dengan teknik prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kecakapan sosial mahasiswa sebesar 22,5% dari siklus I ke siklus ke II pada pembelajaran Strategi Belajar Mengajar Biologi dengan menerapkan pembelajaran kontekstual.