UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGIRING BOLA DALAM PERMAINAN BOLA BASKET MELALUI METODE DIRECT INSTRUCTION PADA SISWA/I KELAS VIII SMP NEGERI 41 MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar menggiring bola dalam permainan bola basket melalui metode Direct Instruction pada siswa/i kelas VIII SMP Negeri 41 Medan tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan kelas). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar pada tes awal, lalu dilakukan pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran Direct Instruction dengan dilakukan tes hasil belajar siklus I dan tes hasil belajar siklus II yang berbentuk aplikasi menggiring bola dalam permainan bola basket sebanyak dua kali pertemuan. Setelah data terkumpul akan dilakukan analisi: (1) Hasil penelitian, pada saat pre-test sebelum diberikan tindakan diperoleh 13 orang siswa (32%) tuntas dan 27 orang (68%) tidak tuntas pada nilai KKM 75. (2) Setelah pemberian tindakan melalui penerapan metode Direct Instruction pada materi menggiring bola dalam permainan bola basket yang dilakukan peneliti pada siklus I diperoleh 23 orang (62%) tuntas dan 14 orang (38%) tidak tuntas. (3) Kemudian dilakukan kembali pembelajaran dengan metode Direct Instruction pada materi menggiring bola dalam permainan bola basket sehingga hasil tes pada siklus II diperoleh 30 orang (81%) tuntas dan 7 orang (19%) belum tuntas. Berdasarkan keterangan dan data yang didapat maka dapat diambil kesimpulan bahwa melalui metode Direct Instruction telah meningkatkan hasil belajar menggiring bola dalam permainan bola basket pada siswa/i kelas VIII SMP Negeri 41 Medan tahun ajaran 2015/2016.