Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar tolak peluru gaya ortodoks melalui modifikasi peluru pada siswa kelas XI SMK Negeri 2 Balige Kabupaten Toba Samosir Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar pada tes awal, lalu dilakukan pembelajaran menggunakan modifikasi peluru yang dilakukan tes hasil belajar I dan tes hasil belajar II yang berbentuk aplikasi teknik dasar tolak peluru gaya ortodoks. Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : (1) Tes hasil belajar sebelum menggunakan modifikasi peluru diperoleh 7 siswa (23,33%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, 23 siswa (76,67%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan alat tolak peluru yang dimodifikasi dari kertas koran dan bola plastik yang di isi pasir (2) dari tes hasil belajar menggunakan alat tolak peluru yang dimodifikasi dari kertas koran dan bola plastik yang di isi pasir (Siklus I) diperoleh 16 siswa (53,33%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, 14 siswa (46,67%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 64,86. Kemudian dilakukan kembali modifikasi peluru menggunakan kertas koran dan bola plastik yang di isi pasir (3) dari tes hasil belajar siklus II diperoleh 26 siswa (86,67%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, 4 siswa (13,33%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 72,25. Dalam hal ini dilihat bahwa terjadi peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 86,67%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui modifikasi peluru dapat meningkatkan hasil belajar tolak peluru gaya Ortodoks pada siswa kelas XI AK-1 SMK Negeri 2 balige tahun ajaran 2016/2017.