Daftar Isi:
  • Passing Sepakbola Melalui Gaya Mengajar Inklusi Dan Variasi Pembelajaran Pada Siswa Kelas X MAN 1 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Dari hasil pre-test yang dilakukan diketahui bahwa kemampuan siswa dalam melakukan passing kaki bagian dalam masih tergolong rendah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif (nilai hasil belajar siswa) yang dapat dianalisis. Dalam hal ini peneliti menggunakan analisis statistik deskriptif. Misalnya mencari nilai rata-rata, presentase keberhasilan belajar, dan lain-lain. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa putera dan puteri kelas X MAN 1 Medan Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 36 orang. Untuk mengumpulkan data menggunakan lembar pengamatan, yang selanjutnya dianalisis dengan cara deskriptif secara persentase. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa hasil belajar passing dengan kaki bagian dalam pada siklus I terdapat peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 36 siswa terdapat 20 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 55,55% dengan nilai rata-rata 64,58%, dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 16 orang dengan ketuntasan belajar klasikal 44,44%. Setelah siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar dimana dari 36 siswa terdapat 31 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 86,11% dengan nilai rata-rata 78,44% dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 5 siswa (13,88%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa gaya mengajar inklusi dan variasi pembelajaran dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap passing sepakbola dengan kaki bagian dalam pada siswa kelas X MAN 1 Medan T.A 2016/2017.