UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM PADA PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI PENERAPAN VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 12 KOTA BINJAI TAHUN AJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Passing Menggunakan kaki Bagian Dalam Pada Permainan Sepak Bola Melalui Penerapan Variasi Pembelajaran Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Kota Binjai Tahun Ajaran 2015/2016. Metode penelitian ini bersifat penelitian tindakan kelas dan subjek penelitian ini adalah kelas VIII-2 yang terdiri dari 36 siswa. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes siklus I yang berbentuk teknik passing menggunakan kaki bagian dalam. Setelah siklus I dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 36 orang siswa terdapat 21 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 58,33% dengan nilai rata-rata 65,27 dan siswa yang tidak tuntas berjumlah sebanyak 15 siswa dengan ketuntasan belajar klasikal 41,66%. Ini berarti ketuntasan belajar klasikal (>85%) belum tercapai, untuk itu peneliti masih perlu melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan peneliti melanjutkan penelitiannya dengan dilakukannya tes siklus II sebanyak 2 kali pertemuan yang sama perlakuannya di siklus I. Setelah siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 36 orang siswa terdapat 32 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 88,88% dengan nilai rata-rata 79,13 dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 4 siswa 11,11% . Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal (>85%) telah tercapai. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Passing menggunakan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola pada siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 12 Kota Binjai Tahun ajaran 2015/2016.