Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1). untuk mengetahui hasil belajar memilih bahan utama dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif. (2). mengetahui hasil belajar memilih bahan utama berbantuan media gamabar. (3). untuk mengetahui pengaruh hasil belajar memilih bahan utama yang diajarkan dengan menggunakana strategi pembelajaran kooperatif berbantuan media gambar dengan menggunakan media gambar. Penelitian dilaksanaan di SMK Negeri 1 Stabat. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Stabat T.P 2015/2016 yang berjumlah 71 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Uji validitas tes menggunakan rumus koefisien point biserial sedangkang uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji kesamaan dua rata-rata (uji t). Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarakan tes hasil belajar yang diberikan perlakuan dengan strategi pembelajaran kooperatif berbantuan media gambar di peroleh rata-rata (Mean) = 28,92, dan varians 5,47 dengan skore tertinggi 35 dan skor terendah 15 dengan jumlah sampel 36 siswa. tingkat kecendrungan nilai siswa 86% tergolong tinggi dan 14%tergolong kurang. Sedangkan untuk hasil belajar dengan menggunakan media gambar terdapat rata-rata skor 23,4 dan varians 5,54 dengan skor tertinggi 32 dan skor terendah 17 dengan jumlah sampel 35 siswa. tingkat kecendrungan nilai siswa 43% tergolong tinggi dan 57% tergolong kurang. Dari hasil perhitungan hipotesis terdapat yaitu 9,85 dengan yaitu 1,997, dapat terlihat bahwa atau 9,85 ˃ 1,997 sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar memilih bahan utama siswa menggunkanan strategi pembelajaran kooperatif berbantuan media gambar lebih tinggi didandingkan hasil belajar memilih bahan utama siswa menggunkan media gambar pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Stabat