HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL PENGETAHUAN BATIK TEKNIK IKAT CELUP SISWA KELAS XI KRIYA TEKSTIL SMK NEGERI I BERASTAGI
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) sejauh mana kemandirian belajar mata pelajaran batik teknik ikat celup siswa kelas XI KT SMK Negeri I Berastagi(2)hasil pengetahuan mata pelajaran batik teknik ikat celup siswa kelas XI KT SMK Negeri I Berastagi; (3) Hubungan yang positif antara Kemandirian Belajar dengan Hasil Pengetahuan Siswa Kelas XI KT SMK Negeri I Berastagi. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan Kriya Tekstil SMK Negeri 1 Berastagi sebanyak tiga kelas dengan jumlah 99 orang. Pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling, sehingga jumlah sampel penelitian adalah 67 orang siswa kelas XI KT 1 dan XI KT 3. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan tes pengetahuan penguasaan materi mata pelajaran batik teknik ikat celup. Analisis data menggunakan teknik deskriptif, persyaratan analisis dengan uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis dengan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar siswa dikategorikan cenderung cukup sebesar 40% dan hasil pengetahuan belajar siswa cenderung cukup sebesar 45%. Hasil uji persyaratan analisis menunjukkan bahwa sebaran data hasil belajar siswa yang memiliki kemandirian belajar berdistribusi tidak normal dimana 19,39 > 11,070,dan data hasil pengetahuan belajar siswa berdistribusi tidak normal dimana 66,002 > 11.070. Kedua varians data adalah homogen karena Fhitung < Ftabel (1,2 < 1,79 ). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat adanya hubungan kemandirian belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran batik teknik ikat celup siswa kelas XI KT SMK Negeri I Berastagi