Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Sistem Pemindah Daya pada siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 2 Tanjungbalai Tahun Ajaran 2015/2016. Sistem Pemindah Daya merupakan salah satu program mata pelajaran pada pendidikan kejuruan program studi keahlian Teknik Kendaraan Ringan. Melalui tindakan berupa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model Arikunto yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana dalam setiap 1 siklus dilaksanakan dalam 2 pertemuan dan pada setiap siklus diselesaikan melalui tahap perencanan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR 2 SMK Negeri 2 Tanjungbalai yang terdiri dari 27 orang. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah test berupa pilihan berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar Sistem Pemindah Daya pada siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK SMK Negeri 2 Tanjungbalai. Hal tersebut dapat dilihat dari pencapaian persentase ketuntasan belajar secara klasikal yakni 62,96% pada siklus I dan 77,78% pada siklus II, serta pencapaian nilai rata-rata kelas sebesar 73,33 pada siklus I dan 82,22 pada siklus II.