PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF DENGAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENGANTAR MANAJEMEN DI FAKULTAS EKONOMI UNIMED

Main Authors: Napitupulu, Bangun, Hasibuan, Novita Indah, Agusti, Ivo Selvia
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: FE Unimed , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/21810/1/Fulltext.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21810/
Daftar Isi:
  • Permasalahan penelitian ini hasil belajar mahasiswa yang dominan rendah, dosen cenderung menggunakan medode pembelajaran konvesional dalam Mata Kuliah Pengantar Manajemen. Secara umum penelitian ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran kolaboratif dengan pendekatan pemecahan masalah. Secara spesifik tujuan penelitian ini untuk Mengetahui kondisi awal pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar Pengantar Manajemen di Fakultas Ekonomi Unimed, Menyusun model konseptual pembelajaran kolaboratif yang dapat meningkatkan hasil belajar Pengantar Manajemen di Fakultas Ekonomi Unimed, Mengimplementasikan Model Pembelajaran Kolaboratif yang dapat meningkatkan hasil belajar Pengantar Manajemen di Fakultas Ekonomi Unimed. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi yang mengambil mata kuliah pengantar Manajemen. Penelitian ini dirancang dengan pendekatan Penelitian pengembangan dengan tahapan kegiatan sebagai berikut: pertama Studi pendahuluan yang bersifat evaluatif dan eksploratif, terhadap model pembelajarn sebelumnya, kedua Merancang Model conseptual, ketiga Validasi Model, keempat keempat Uji coba model konseptual, kelima Revisi hasil uji coba untuk mendapatkan model akhir. Analisis data dalam penelitian dan pengembangan ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Semua data yang terkumpul dianalisis dengan teknik statistik deskriptif yang secara kuantitatif dipisahkan menurut kategori untuk mempetajam penilaian dalam menarik kesimpulan. Analisis data dalam penelitian dan pengembangan ini dijelaskan dalam tiga, yaitu tahap studi pendahuluan, pengembangan dan validasi. Hasil penelitian diperoleh pengembangan model pembelajaran kolaboratif dengan pendekatan pemecahan masalah yang telah divalidasi oleh ahli materi, ahli desain, dan ahli media. Dari hasil penilain ketiga pakar/ahli (ahli materi, ahli desain, dan ahli media) menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan dalam pengembangan model pembelajaran kolaboratif mendapat kategori baik.