Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Tingkat pengetahuan teori warna, 2) Mengetahui hasil pewarnaan rambut komersil, 3) Untuk mengetahui hubungan pengetahuan teori warna dengan hasil pewarnaan rambut komersil siswa kelas XI Tata Kecantikan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel adalah siswa kelas XI Tata Kecantikan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam sebanyak 30 orang. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes untuk memperoleh data pengetahuan teori warna dan hasil pengamatan untuk memperoleh data pewarnaan rambut komersil. Sebelum penelitian dilakukan, instrument penelitian yaitu tes dan lembar pengamatan yang disusun oleh peneliti terlebih dahulu di ujicobakan. Tes disusun sebanyak 40 butir soal tes yang hasil dari uji coba tersebut menunjukkan bahwa, dari 40 butir pertanyaan, 33 butir soal tes dinyatakan valid dan 7 butir tes dinyatakan tidak valid. Dengan indeks reliabilitas 0,900 (kategori tinggi), indeks kesukaran dari 33 butir soal yang valid terdapat 32 butir soal dalam kategori sedang, 1 butir soal dalam kategori mudah dan daya beda soal dari 33 butir soal yang valid terdapat 10 butir soal dalam kategori baik dan 23 butir soal dalam kategori cukup. Untuk pengambilan data hasil pewarnaan rambut (Y), yang berupa pengamatan, peneliti didampingi oleh 3 pengamat, yaitu 2 orang Dosen Tata Rias Unimed dan 1 orang guru mata pelajaran pewarnaan rambut SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Dari hasil pengamatan yang dilakukan oleh ketiga pengamat hasilnya tidak terdapat perbedaan dalam hal penilaian yaitu dimana . Pada uji kecenderungan dari 30 orang sampel, pada variabel Pengetahuan Teori Warna (X) terdapat tingkat kecenderungan tinggi dengan jumlah persentase 96,67%, sedangkan untuk variabel Hasil Pewarnaan Rambut Komersil (Y) terdapat tingkat kecenderungan tinggi dengan jumlah persentase 86,67%. Dari uji hipotesis penelitian yang menggunakan rumus product moment dengan nilai , , dan nilai , maka diperoleh nilai 9. Sehingga harga yaitu 0,361 > 0,89. Dengan demikian dinyatakan bahwa pengajuan hipotesis diterima pada taraf signifikansi 5%. Yang mana dinyatakan terdapat hubungan yang linear, positif dan signifikan antara Pengetahuan Teori Warna dengan Hasil Pewarnaan Rambut Siswa Kelas XI Tata Kecantikan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam.