PERBEDAAN HASIL BELAJAR PENGENALAN KONSEP DASAR ELEKTRONIKA (PKDE) ANTARA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA SISWA KELAS X TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN (TKJ) DI SMK NEGERI 1 AIRPUTIH

Main Author: Luthfi, Irfanul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/21802/4/01.%20NIM%20509331021%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21802/4/02.%20NIM%20509331021%20APPROVAL%20SHEET.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21802/6/03.%20NIM%20509331021%20ABSTRACT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21802/5/04.%20NIM%20509331021%20PREFACE.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21802/7/05.%20NIM%20509331021%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21802/9/06.%20NIM%20509331021%20TABLES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21802/8/07.%20NIM%20509331021%20ILLUTRATION.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21802/3/08.%20NIM%20509331021%20APPENDIX.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21802/2/09.%20NIM%20509331021%20CHAPTER%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21802/4/13.%20NIM%20509331021%20CHAPTER%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21802/1/14.%20NIM%20509331021%20BIBLIOGRAPHY.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21802/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar pengenalan konsep dasar elektronika (PKDE) antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas X Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 1 Air Putih Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh Siswa kelas X Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 1 Air Putih. Populasi penelitian ini sebanyak 68 orang siswa. Jumlah sampel penelitian ini diambil dari seluruh populasi yang ada yaitu sebanyak 68 orang siswa. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes, dimana data penelitian ini diperoleh melalui tes untuk mengetahui kemampuan siswa setelah pelaksanaan perlakuan. Instrumen penelitian ini diuji coba di SMK Negeri 1 Air Putih. Validitas Instrumen penelitian hasil uji coba dianalisis dengan rumus point biseral. Reliabilitas instrumen tes diuji dengan rumus KR-20 dan diperoleh nilai r11 = 0,886 yang dikategorikan sangat tinggi. Hasil analisis rata-rata model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Togheter (NHT) sebesar 26,76 dan memiliki standar deviasi 4,06 sedangkan model pembelajaran konvensional sebesar 21,67 dan memiliki standar deviasi 3,96. Melalui uji Chi-Kuadrat diketahui nilai χ2hitung model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Togheter (NHT) adalah 7,44 dan χ2hitung model pembelajaran konvensional adalah 10,35 dengan masing-masing χ2tabel adalah 11,071 yang menunjukkan bahwa χ2hitung < χ2tabel menunjukkan bahwa kedua kelompok data berdistribusi Normal. Berdasarkan pengujian hipotesis melalui kedua Model pembelajaran diperoleh thitung = 5,22 dan ttabel = 1,67, maka diperoleh thitung > ttabel atau 5,22 > 1,67 dimana hasil ini menunjukkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Togheter (NHT) lebih baik dari model pembelajaran konvensional.