HUBUNGAN PENGETAHUAN KARAKTERISTIK RAMBUT DENGAN PEMILIHAN KOSMETIKA PELURUSAN RAMBUT (REBONDING) SISWA KELAS XI TATA KECANTIKAN SMK AWAL KARYA PEMBANGUNAN GALANG T.A 2015-2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan karakteristik rambut (jenis, bentuk, dan masalah rambut) siswa kelas XI Tata Kecantikan Rambut SMK AKP Galang. Untuk mengetahui pemilihan kosmetika pelurusan rambut siswa kelas XI Tata kecantikan Rambut SMK AKP Galang. Untuk mengetahui hubungan pengetahuan karakteristik rambut dengan pemilihan kosmetika pelurusan rambut siswa kelas XI Tata Kecantikan Rambut SMK AKP Galang. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel adalah siswa kelas XI Jurusan Tata Kecantikan SMK Awal Karya Pembangunan Galang dengan jumlah 30 orang. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes untuk menjaring pengetahuan karakteristik rambut dan tes untuk menjaring pemilihan kosmetik rebonding pada siswa kelas XI SMK Awal Karya Pembangunan Galang. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik parametrik yaitu uji koefisien korelasi product moment kemudian dilanjutkan dengan uji t. Uji persyaratan analisis dengan uji normalitas, uji keberartian dan uji linieritas. Uji normalitas digunakan dengan uji chi kuadrat. Uji normalitas data pengetahuan karakteristik rambut diperoleh . Normalitas data data pemilihan kosmetik rebonding dipeoleh . Persamaan regresi sederhana Y atas X ditaksir oleh . Uji keberartian persamaan regresi diperoleh sehingga persamaan regresi berarti. Uji kelinieran persamaan regresi diperoleh sehingga persamaan regresi linier. Hasil penelitian diperoleh bahwa Pengetahuan karakteristik rambut pada siswa kelas XI SMK Awal Karya Pembangunan Galang memiliki skor rata-rata sebesar 33,40. Hasil ini menunjukkan bahwa pengetahuan karakteristik rambut siswa tergolong tinggi. Pemilihan kosmetik rebonding pada siswa kelas XI SMK Awal Karya Pembangunan Galang juga tergolong tinggi yaitu dengan skor rata-rata sebesar 33,20. Hal ini berarti, pengetahuan karakteristik rambut sangat bergantung pada pemilihan kosmetik rebonding. Terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan karakteristik rambut dengan pemilihan kosmetik rebonding siswa kelas XI SMK Awal Karya Pembangunan Galang. Hal ini berarti, jika pengetahuan siswa tentang karakteristik rambut baik, maka pemilihan kosmetik rebonding yang dilakukan siswa semakin baik pula. Dengan demikian hipotesis penelitian ini dengan Ho dapat diterima