Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil belajar kosmetika tradisional siswa yang diajarkan dengan metode ceramah (2) mengetahui hasil belajar kosmetika tradisional siswa yang diajarkan dengan media pembelajaran Macromedia Flash 8, dan (3) untuk mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran Macromedia Flash 8 terhadap hasil belajar kosmetika tradisional pada siswa SMK Negeri 8 Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimen dengan desain penelitian two group pre test-post test. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 8 Medan. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 70 orang. Penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Penelitian ini terdiri dari 2 variabel, yaitu media pembelajaran Macromedia Flash 8 (X), dan hasil belajar kosmetika tradisional (Y). Berdasarkan hasil penelitian, Setelah diberi perlakuan dengan menerapkan media pembelajaran Macromedia Flash 8, diperoleh hasil belajar pada kelas eksperimen lebih tinggi dengan rata-rata 30.83, dibanding dengan kelas kontrol dengan rata-rata 26.91. Dari hasil perhitungan uji hipotesis untuk post test diperoleh t hitung sebesar 4.804 dan t tabel sebesar 1,669 (dari tabel distribusi t). Sehingga diperoleh t hitung > t tabel (4.804> 1,669), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti ada pengaruh yang signifikan pada hasil belajar kosmetika tradisional siswa SMK Negeri 8 Medan. Hal ini bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran macromedia flash 8 lebih baik dibandingkan yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional