Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar pembuatan hiasan busana pada siswa SMK Negeri 1 Berastagi (2) hasil belajar pembuatan hiasan busana menggunakan metode latihan pada siswa SMK Negeri 1 Berastagi (3) pengaruh penggunaan metode latihan terhadap hasil belajar pembuatan hiasan busana pada siswa SMK Negeri 1 Berastagi. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 1 Berastagi yang berjumlah 60 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling sehingga jumlah sampel penelitian adalah 60 orang. Metode pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan hasil belajar pembuatan hiasan busana dengan teknik sulaman melekatkan benang. Analisis data menggunakan teknik deskriptif, persyaratan analisis dengan uji normalitas dan homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pembuatan hiasan busana dengan menggunakan metode latihan diperoleh nilai ratarata sebesar 38 dan standar deviasi 10,11 dengan memiliki kecenderungan nilai tinggi yaitu 83,33 %. Sedangkan hasil belajar pembuatan hiasan busana menggunakan metode konvensional diperoleh nilai rata-rata 33 dan standar deviasi 14,5 dengan memiliki tingkat kecenderungan tidak tinggi tidak rendah tetapi memiliki persentase 66,67 % pada kategori cukup. Hasil Uji-t diperoleh harga thitung=3,9 dengan ttabel = 1,671 pada df = 58 yaitu sebesar 1,671. Maka nilai thitung > ttabel = 3,9 > 1,671, yang artinya ada pengaruh penggunaan metode latihan terhadap hasil belajar pembuatan hiasan busana pada siswa SMK Negeri 1 Berastagi teruji kebenarannya