Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) membangun multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam (2) mengetahui kelayakan produk multimedia pembelajaran interaktif Dasar dan Pengukuran Listrik (3) mengetahui respon penilaian siswa terhadap multimedia pembelajaran interaktif Dasar dan Pengukuran Listrik. Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif dibangun menggunakan beberapa software yang terdiri dari adobe flash CS6, Corel Video Studio Pro6, dan AMR to MP3 Converter. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model desain intruktional ADDIE yang terdiri atas: (1) analysis, (2) design, (3) development & implementation, dan (4) evaluation. Penelitian ini dilakukan di Negeri 1 Lubuk Pakam dengan subyek penelitian siswa kelas X program keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik (TIPTL). Tahap pengujian kelayakan produk dilakukan penilaian oleh dua ahli materi dan dua ahli media. Pada tahap evaluasi produk dilakukan penilaian oleh siswa sebagai pengguna. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket. Teknik analisis data digunakan dengan analisis deskriptif. Adapun hasil penelitian adalah: (1) produk multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik pada kompetensi dasar mendeskripsikan arus listrik dan elektron dan mendeskripsikan bahan-bahan listrik (2) kelayakan produk berdasarkan validasi ahli materi diperoleh rerata skor sebesar 4,82 yang termasuk dalam interpretasi “sangat layak”, sedangkan berdasarkan validasi ahli media diperoleh rerata skor sebesar 4,65 yang termasuk dalam interpretasi “sangat layak”. (3) penilaian respon siswa mendapatkan rerata skor sebesar 4,43 dan termasuk dalam interpretasi “sangat layak”.