PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MEMAHAMI BAHAN BANGUNAN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TGB SMK NEGERI 2 SIATAS BARITA T.A 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk menemukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Memahami Bahan Bangunan pada kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan Di SMK Negeri 2 Siatas Barita. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 2 Siatas Barita Tahun Ajaran 2015/2016, dengan jumlah 30 orang dan objek dalam penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar siswa pada standar kompetensi Memahami Bahan Bangunan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui aktivitas dan hasil belajar Memahami Bahan Bangunan dengan menggunakan model TPS. Dalam penelitian ini, ditemukan pada nilai aktivitas siswa pada siklus I adalah 57 %, kategori penilaian tidak aktif meningkat pada siklus II dengan rata-rata 84 % penilaian aktif. Sedangkan untuk siklus I rata-rata hasil belajar siswa 75 % meningkat pada siklus II menjadi 84 %. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan, bahwa dengan melakukan pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran TPS dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran Memahami Bahan Bangunan di kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Siatas Barita. Selain itu juga dapat meningkatkan hasil belajar Memahami Bahan Bangunan