Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran menggambar dengan perangkat lunak melalui penerapan model pembelajaran Modelling The Way (MTW) di kelas XI SMK Negeri 1 Stabat. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI-TGB di SMK Negeri 1 Stabat Tahun Ajaran 2015/2016 berjumlah 30 siswa. Objek penelitian adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model Modelling The Way pada siswa kelas XI Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 1 Stabat. Model penelitian ini bersifat deskriktif yang bertujuan untuk mengetahui rata-rata aktivitas dan hasil belajar siswa pada saat penelitian dilaksanakan Penelitian ini dilaksanakan dengan dua sisklus dan menggunakan penilaian lembar observasi hasil belajar menggambar dengan perangkat lunak. Dan hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terlihat meningkatnya aktivitas dan hasil belajar siswa Hasil penelitian menggunakan model pembelajaran Modelling The Way yang dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dimana peningkatan dari siklus I ke siklus II, dimana pada aktivitas siklus I terdapat 73,11% siswa katagori tidak aktif pada siklus II sudah mencapai 85,50% siswa sudah termasuk katagori aktif, sedangkan Presentasi hasil belajar siklus I 56,67% yaitu 17 orang yang tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM), menjadi 96,67% yaitu 29 orang siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Modelling The Way untuk meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak Pada Siswa Kelas XI Di SMK Negeri 1 Stabat Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan Tahun Ajaran 2015/2016 membuktikan peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa. Maka, dari hasil penelitian di atas pengajuan hipotesis yang menyatakan bahwa