UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MENERAPKAN ILMU STATIKA DAN TEGANGAN MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN KONSTRUKSI BATU DAN BETON DI SMK NEGERI 1 BALIGE
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Menerapkan Ilmu Statika dan Tegangan (MIST) pada kompetensi Dasar Menerapkan Cara Menyusun Gaya Dalam Struktur Bangunan di Kelas X Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu Dan Beton SMK Negeri 1 Balige T.P. 2016/2017 yang berjumlah 32 siswa. Prosedur tindakan dikemas ke dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Pada siklus I mempelajari tentang Besaran Dan Satuan, Besaran Skalar Dan Vektor, Dan sistem Satuan SI. Pada siklus II mempelajari tentang Arah Gaya, Menguraikan Dan Menggabungkan Gaya Dan Hukum Newton. Data penelitian diambil dari tes hasil belajar siswa. Hasil uji coba instrumen penelitian dari 25 soal pada siklus I terdapat 20 soal valid, uji tingkat kesukaran terdapat 16 soal mudah, 4 soal sedang dan tidak terdapat soal dalam katagori sukar, uji daya pembeda tes didapat 9 soal buruk, 10 soal cukup dan 1 soal baik, uji reliabilitas tes didapat 0,73 (Tinggi). Pada siklus II dari 25 soal diperoleh 21 soal valid, uji tingkat kesukaran terdapat 16 soal mudah, 5 soal sedang. Uji daya pembeda tes didapat 12 soal buruk, 5 soal cukup dan 4 soal baik, uji reliabilitas tes didapat 0,79 (tinggi). Penelitian dikatakan berhasil diukur berdasarkan ratarata komulatif hasil belajar siswa memperoleh nilai minimal 75 dan tuntas secara klasikal jika seluruh kelas ≥ 75% siswanya tuntas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran MIST Kompetensi Dasar Menerapkan Cara Menyusun Gaya Dalam Struktur Bangunan Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton di SMK Negeri 1 Balige Tuan T.P. 2016/2017. Selain itu dapat menimbulkan suasana belajar yang menyenangkan karena siswa aktif dan belajar untuk menemukan sendiri makna dari pembelajarannya