Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Apakah hasil belajar Autocad yang di ajar dengan Strategi pembelajaran think pair share lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan strategi konvensional. 2) Apakah hasil belajar Autocad siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi lebih baik daripada hasil belajar siswa yang mempunyai motivasi rendah. 3) Apakah terdapat interaksi Strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Autocad pada siswa Kelas X Teknik Konstruksi Batu dan Beton SMK Negeri 2 Binjai. Data Variabel Motivasi belajar ini dijaring dengan menggunakan angket, sedangkan untuk kemampuan Autocad dijaring dengan menggunakan jobsheet. Sebelum penelitian ini dilakukan, instrument penelitian angket motivasi belajar terlebih dahulu diujicobakan, 1) Hasil uji coba angket Motivasi Belajar di peroleh 25 butir angket yang valid dari 30 butir yang diujicobakan. Dari hasil penelitian diperoleh hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi think pair share lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi konvensional dengan Fhitung = 109.282 > F tabel = 4,013, pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan df = (1,56). Sedangkan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar rendah Fhitung = 38,38 > F tabel = 4,013. Tidak terdapat interaksi antara penggunaan strategi pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar Autocad. Diperoleh Fhitung = -11.5724 < F tabel = 4,013. Dapat disimpulkan: 1) Hasil belajar Autocad yang diajarkan dengan strategi pembelajaran think pair share lebih tinggi daripada yang diajarkan dengan strategi konvensional, 2) Hasil belajar Autocad siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi lebih baik daripada siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah, 3) Tidak terdapat interaksi strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Autocad atau Strategi pembelajaran think pair share memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar siswa terlepas dari motivasi belajar dan sebaliknya motivasi belajar tinggi memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar siswa terlepas dari think pair share