PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN PADA SISWA KELAS X TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada kompetensi dasar menerapkan spesifikasi kayu dan karakteristik kayu untuk konstruksi bangunan pada siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 34 orang siswa dari kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah catatan lapangan, kuesioner, lembar observasi aktivitas belajar siswa dan tes hasil belajar siswa. Dari hasil analisis data ditemukan bahwa persentase kegiatan belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw meningkat dari 2,68 pada siklus I menjadi 3,41 pada siklus II. Peningkatan aktivitas siswa membuat hasil belajar siswa juga meningkat. Hal ini dapat dilihat dari persentase hasil belajar siswa dari siklus I. Jumlah siswa yang dikategorikan tuntas hanya 17 orang, sedangkan pada siklus kedua meningkat menjadi 30 orang yang dikategorikan tuntas dari total jumlah siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam