PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS X MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 2 LANGSA
Daftar Isi:
- Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) Apakah penerapan model pembelajaran koopertif tipe Make a Match dapat meningkatkan Aktivitas siswa pada mata diklat Kewirausahaan? (2) Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatkan aktivitas dan hasil belajar Kewirausahaan dengan penerapan Model Pembelajaran Make a Match pada siswa kelas X Program keahlian teknik gambar bangunan SMK Negeri 2 Langsa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan\, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Program keahlian teknik gambar bangunan SMK Negeri 2 Langsa sebanyak 36 orang. Data penelitian diambil dari tes kognitif dan lembar pengamatan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan Model Pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan ini dapat dilihat pada dua siklus pembelajaran yang berlangsung di kelas. Peningkatan aktifitas belajar siswa pada siklus I yaitu 30.56 % menjadi 72.64% pada siklus II. Dan peningkatan hasil belajar Siklus I yaitu 63,89 % menjadi 88,89% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan Model Pembelajaran Make a Match 1) meningkatkan aktivitas belajar Kewirausahaan 2) meningkatkan hasil belajar Kewirausahaan pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Langsa