Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Adanya Hubungan yang positif dan berarti antara Lingkungan Dengan Kemandirian Belajar siswa kelas X mata Pelajaran Menggambar Dasar Teknik SMK N 1 Lubuk Pakam, 2) Adanya Hubungan yang positif dan berarti antara Kemandirian Belajar Dengan hasil belajar siswa Kelas X Mata pelajaran menggambar dasar teknik SMK Negeri 1 Lubuk Pakam, 3)hubungan yamng positif dan berarti antara lingkungan dan kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran menggambar dasar teknik SMK N 1 Lubuk Pakam. Sebelum penelitian ini dilakukan instrumen penelitian terlebih dahulu diujicobakan, dilanjutkan dengan uji validitas, reliabilitas, indeks kesukaran dan daya pembeda soal. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan 1). Terdapa hubungan yang positif dan berarti antara Lingkungan Belajar Dengan Hasil Belajar Menggambar Teknik Dasar siswa keahlian Gambar Bangunan SMK N 1 Lubuk Pakam. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan korelasi yang memberikan hasil nilai rx1y>rtabel = 0,303 > 0,249 dan korelasi parsial ry1.2 > rtabel = 0,306 > 0,259 dengan harga thitung > ttabel = 2,512 > 2,00. 2). Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara kemandirian belajar dengan hasil belajar Menggambar Dasar Teknik Siswa Keahlian Gambar Bangunan SMK N 1 Lubuk Pakam. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan korelasi yang memberikan hasil nilai rx2y > rtabel = 0,323 > 0,249 dan korelasi parsial ry2.2 > rtabel = 260 > 0,249 dengan harga thitung > ttabel = 2,103 > 2,000. 3). Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara lingkungan dan kemandirian belajar dengan hasil belajar menggambar dasar teknik siswa keaglian teknik gambar bangunan SMK N 1 Lubuk Pakam dengan hasil R = 0,311 > Rtabel = 0, 249,sehingga Rhitung > Rtabel yaitu (0,311 > 0,249),dan diperoleh determinasi R2 sebesar 0,0967 yang berarti 9,67% Lingkungan berpengaruh terhadap hasil belajar (X1) dan kemandirian terhadap hasil belajar (X2) dengan harga Fhitung = 3,205 > Ftabel = 3,148. Dengan demikian Lingkungan dan Kemandirian Belajar mempunyai hubungan yang positif dan berarti terhadap Hasil Belajar Menggambar Dasar Teknik.