PENGARUH MEDIA AUTOCAD TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK DASAR PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar menggambar teknik dasar yang diajarkan dengan Media Autocad lebih tinggi dari pada hasil belajar menggambar teknik dasar yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X TGB A berjumlah 36 orang sebagai kelas eksperimen dan X TBG B berjumlah 36 orang sebagai kelas control. Penentuan sampel dilakukan melalui teknik purposive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang menggunakan desain pretest-posttest kelas eksperimen diberi perlakuan berupa penggunaan Media Autocad dan kelas control diberi perlakuan berupa penggunaan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian terlebih dahulu diujicobakan, dilanjutkan dengan uji validitas, reliabilitas, indeks kesukaran, dan daya pembeda soal. Hasil uji coba tes hasil belajar Menggambar Teknik Dasar dari 30 butir soal tes yang diujicobakan diperoleh 26 butir soal valid dengan koefisien reliabilitas 0,668 termasuk tinggi. Untuk indeks kesukaran terdapat 3 butir soal dengan kategori mudah, 21 butir soal dengan kategori sedang, 2 butir soal dengan kategori sukar, dan untuk daya pembeda soal terdapat 14 butir soal dengan kategori cukup, 8 butir soal dengan kategori baik, dan 4 butir soal dengan kategori jelek. Hasil Uji-t sampel independen rata-rata posttest pada taraf kepercayaan 95%, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan. Hal ini dibuktikan dengan thitung > ttabel (10,78> 1,994). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar menggambar teknik dasar yang diajarkan dengan menggunakan Media Autocad lebih tinggi dari pada hasil belajar menggambar teknik dasar yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional siswa kelas X TGB di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam T.P 2016/2017