PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXPLICIT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar pada mata pelajaran Gambar Teknik Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam dengan menerapkan Model Pembelajaran koopertaif tipe Explicit Instruction. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017dengan jumlah siswa 37 orang. Model ini bersifat deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui rata-rata hasil belajar dan aktivitas siswa pada saat penelitian dilaksanakan. Dari hasil observasi memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa dari 77.50% pada siklus I meningkat menjadi 83.45% pada siklus II, dan Hasil dari penelitian ini, dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe explicit instruction diperoleh peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 31 siswa (83,78%) yang lulus dengan memperoleh nilai pada siklus I menjadi 34 siswa (91,89%) yang lulus pada siklus II. Sedangkan berdasarkan pengamatan aktivitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe explicit instruction dapat menuntun siswa lebih aktif dalam belajar yang menyenangkan karena siswa aktif dan belajar untuk menemukan sendiri makna dari pembelajarannya. Sebagai persentase kompetensi klasikal setelah dilakukan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe explicit instruction pada siklus I perolehan nilai hasil belajar dan aktivitas siswa dengan nilai sebanyak 24 siswa (65%), sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 33siswa (89%) memperoleh nilai pada hasil belajar dan observasi aktivitas siswa. Maka peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa yang dicapai adalah89%. Dari data-data hasil penelitian yang telah diuraikan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran gambar teknik dengan materi pokok Pengenalan dan Penggunaan Peralatan Serta Kelengkapan Gambar Teknik pada mata pelajaran gambar teknik melalui Penerapan Model Pembelajaran kooperatif tipe explicit instruction Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Lubuk Pakam membuktikan peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan.